Sinergi Bersama KUA Kapanewon Bantul, Lazismu Bantul Kota Laksanakan Bersih Bersih Masjid ke-178

Jum’at, 1 Desember 2023 Tim Bersih Bersih Masjid Lazismu Bantul Kota kembali melaksanakan Program Bersih Bersih Masjid bersama tim Gesit Betul KUA Kapanewon Bantul di masjid Al Falah Dagaran, Palbapang, Bantul. Ini merupakan kali ke tiga Pasukan BBM bersinergi bersama Tim Gesit Betul KUA Kapanewon Bantul. 

Bersih Bersih Masjid atau sering disebut dengan BBM merupakan salah satu program rutin yang telah dilaksanakan oleh Lazismu Bantul Kota sejak bulan Oktober 2018 hingga saat ini. Program ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu dan telah membersihkan sebanyak 178 Masjid se-Kapanewon Bantul serta beberapa masjid yang terdampak bencana banjir di wilayah Kebumen Jawa Tengah serta Gunungkidul.

Suwarjono selaku koordinator BBM menyampaikan, “Program ini dilatarbelakangi karena rasa kepedulian kita terhadap kebersihan masjid, kami tidak hanya membersihkan saja namun juga turut mengedukasi mengenai cara membersihkan masjid dengan maksimal.”

Pasukan bersih bersih masjid berusaha memberikan edukasi bahwa membersihkan masjid tidak hanya mengepel dan menyapu saja, namun banyak bagian bagian yang jarang tersentuh dan merupakan sumber kotoran atau debu. Tim BBM memulai membersihkan bagian masjid dari atas terlebih dahulu, debu debu yang menempel di langit langit dibersihkan dengan alat khusus. Debu yang menempel di ventilasi udara disemprot menggunakan kompresor agar debu bisa lepas dan bersih. Kipas angin juga turut dibersihkan, setelah bagian atas bersih, tim mulai membersihkan kaca dan dinding dengan kemoceng. Barulah lantai disapu dan dipel. Terakhir karpet atau sajadah masjid disedot agar bersih dan harum.

Bagian yang tidak boleh terlewat adalah kebersihan kamar mandi dan tempat wudhu. Lantai yang sudah berlumut dan berkerak akan disemprot dengan mesin water jet cleaner sehingga lumut bisa mengelupas tanpa merusak lapisan keramik. 

Samanto Kepala KUA Kapanewon Bantul menyampaikan, “Kami berharap Sinergi bersama Lazismu Bantul Kota ini bisa terus berlanjut, dan bersama-sama dalam menjalankan kebaikan.”